Routing

Pengertian Routing - Pernahkan anda mendengar yang namanya routing? Routing adalah suatu proses yang sangat penting dalam jaringan skala besar. Tanpa ada proses routing, mungkin jaringan kita tidak bisa berkembang. Hanya bisa mengkoneksikan komputer – komputer yang ada dalam satu gedung. Sedangkan jika kita ingin menghubungkan jaringan kita dengan jaringan luar semisal, kantor cabang, kantor pusat perusahaan, ataupun koneksi internet. Kita harus menerapkan routing pada jaringan kita agar bisa terkoneksi.

Namun apa itu routing sebenarnya? Routing adalah suatu proses dimana untuk meneruskan packet data yang dikirim dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dari kata tersebut mungkin bisa dimengerti maksud dari routing tersebut. Jadi, routing bisa menghantarkan data yang dikirim dari komputer di jaringan kita ke komputer yang ada pada jaringan lain.

Routing terbagi menjadi dua :

Static Routing. Yaitu routing yang dimana kita harus menetapkan table routing dengan kondisi jaringan yang ada. Jadi setiap ada perubahan jaringan kita harus mengupdate table routing tersebut secara manual.
Dynamic Routing. Berbeda dengan Static Routing. Dynamic Routing tidak perlu mengatur table routing secara manual. Namun hanya dengan mengenalkan network yang terhubung pada router tersebut. Maka router akan otomatis membuat table routing.
Device yang bisa kita pakai untuk proses routing yaitu router. Router yang biasa di pakai yaitu router device atau pc router. Keduanya memiliki fungsi yang sama, hanya saja memiliki kelebihan dan kelemahan masing – masing.


Router Device yaitu sebuah perangkat tersendiri yang didalamnya terdapat banyak dari fitur dan fungsi routing. Router device ini memang dikhususkan untuk merouting, jadi mulai dari segi kecepatan, performa, dan security sangat bagus.  Router device biasanya berbentuk persegi panjang, dan terdapat beberapa port ethernet, port modem, port serial, dll. Jumlah dan ketersediaan port berbeda – beda untuk masing – masing brand dan tipe. Brand yang terkenal yaitu Cisco , Juniper, Avaya.

PC router merupakan sebuah pc yang didalamnya diinstall sistem operasi jaringan, OS yang biasa dipakai adalah linux. Dengan menggunakan fasilitas networking yang ada pada linux itu tersendiri. Kita bisa memanfaatkan pc sebagai pengganti router device yang harganya sangat mahal. Namun demikian pc router tidaklah sebagus dengan router device aslinya.


Sumber : 
http://www.rajainter.net/2012/11/pengertian-routing.html

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Aransyah P All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes