Network Monitoring

INTRODUCTION MONITORING DAN TESTING JARINGAN KOMPUTER


Pengertian jaringan komputer
Jaringan komputer merupakan gabungan dua atau lebih perangkat komputer atau laptop yang terhubung dalam satu jaringan yang dapat melakukan pengiriman data dan penerimaan data, penggunaan perangkat seperti printer secara bersama, dan sharing data di dalam satu jaringan. Jaringan komputer sendiri ada beberapa tipe kategori yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN). Namun pada kali ini yang dibahas bukan mengenai tipe jaringan komputer ataupun arsitektur jaringan komputer, melainkan monitoring dan testing jaringan komputer (pengawasan dan pengujian).


Pengertian monitoring dan testing jaringan komputer
Teknologi jaringan komputer yang maju meningkatkan efisiensi kerja di segala bidang yang berhubungan komputer, akibatnya hal ini juga akan menemui berbagai masalah pada jaringan komputer. Agar hal ini dapat diminimalisir maka diperlukan monitoring jaringan komputer. Monitoring jaringan komputer merupakan sistem yang secara berkesinambungan melakukan proses monitoring secara terus menerus pada saat sistem jaringan aktif sehingga jaringan dapat di pantau. Jika muncul masalah, maka kita dapat mengetahuinya dengan cepat dan penanganan terhadap masalah yang terjadi di bagian di jaringan komputer dapat segera diatasi. Testing jaringan komputer merupakan pengujian yang dilakukan untuk mengecek apakah jaringan sudah terkoneksi dengan baik atau belum. Pengujian ini dilakukan untuk berbagai hal seperti memeriksa koneksi jaringan (LAN, MAN, WAN), remote perangkat jaringan seperti Switch, Router, dan lainnya.


Tujuan dan manfaat monitoring jaringan komputer
Manfaat dan fungsi dari monitoring jaringan komputer yaitu agar jaringan yang telah di-set telah membuat proses pengiriman informasi ketika terjadi masalah menjadi lebih cepat, sehingga penanganan masalah pada jaringan menjadi lebih cepat, dan waktu downtime pada jaringan pun dapat diminimalisasi. Monitoring pada jaringan ada 2 yaitu :
·         Connection monitoring yaitu monitoring yang dapat dilakukan dengan cara tes ping antara monitoring station dan device yang ingin dicek, jadi dengan mudah dapat diketahui apabila koneksi putus
·         Traffic monitoring yaitu monitoring yang dapat dilakukan dengan melihat paket aktual dari traffic pada jaringan dan melaporkan berdasar traffic jaringan tersebut.

Tujuan dan manfaat pengujian jaringan komputer
Sedangkan manfaat dan tujuan dari pengujian jaringan komputer adalah untuk meminimalisir tenaga dan waktu untuk menemukan berbagai potensi kesalahan dan putusnya koneksi pada jaringan komputer. Beberapa pengujian jaringan komputer yang dapat kita lakukan yaitu dengan menggunakan command prompt, perintah yang digunakan yaitu seperti tes koneksi (PING) apakah yang paket yang kita kirim berhasil atau tidak, tes rute (TRACERT) untuk melihat rute yang dilewati oleh paket untuk sampai tujuan, dan (IP CONFIG) untuk melihat IP address, gateway, DNS server, dan hampir semua informasi dalam suatu jaringan.


0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Aransyah P All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes